Cara Mengawinkan Pohon Kurma

CARA MENGAWINKAN POHON KURMA – Musim panen raya pada pohon karma adalah saat awal tahun sekitar bulan februari sampai bulan mei. Setelah beberapa bulan pohon kurma tidak aktif, maka yang petama yang harus kita lakukan adalah dengan membersihkan pelepah pelepah pohon yang sudah tua atau mati, kemudian kita juga harus membersihkan duri duri pada pohon kurma untuk kita bisa lebih mudah saat kita bekerja di atas pohon kurma, karena duri tersebut sangat panjang dan tajam sehingga membahayakan tubuh kita, bahkan ada yang bilang duri dari pohon kurma bisa menembus ban dari sebuah mobil truk. Dengan demikian ini adalah langkah penting yang pertama kita harus lakukan sebelum kita mulai bekerja dalam pohon kurma.

Inilah cara mengawinkan pada pohon kurma :

Pohon kurma sangatlah unik, karena dia memiliki jenis kelamin, ada pohon yang berjenis kelamin jantan dan ada pula pohon yang berjenis kelamin betina. Pada pohon jantan dia menghasilkan serbuksari, dan pada pohon kurma betina memiliki bunga, tetapi saying nya burung dan serangga kurang begitu menyukai pada bunga ini, sehingga pada pohon betina nya harus diserbuki secara manual oleh tangan manusia.

Pada akhir februari biasanya selubung selubung pada pohon jantan sudah mulai terbuka, dan kontrol lah setiap hari pada semua pohon kurma, agar ketika semua selung itu sudah terbuka semua, kita bisa mengikatnya dengan tali agar bisa ditahan oleh dahan dan bisa dikeluarkan dari pohon nya. Setelah selubung terbuka lebar, kita bisa memotong seluruh selubung yang ada pada pohon kurma jantan dan kemudian mengandungnya/ menjemurnya sampai kering,  setelah kering mka serbuksari akan menjadi bubuk dan halus, lalu kemudian simpan lah serbuk sari yang sudah halus tadi kedalam wadah yang besar dan harus kedap udara.

Pada pohon kurma betina, mereka juga memiliki selubung yang sama sepertu pohon yang jantan, dan ketika mulai tumbuh bunga, maka lepaslah sebungnya dan pisahkan lah setiap helai bunga tersebut. Setelah itu kita ikat bunga bunga tersebut dan mulai lah penyerbukan pada bunganya oleh serbuk sari jantan yang tadi telah kita siapkan, biasa nya kami melakukan penyerbukan menggunakan botol kecil agar lebih mudah melakukan nya di atas poho, dan kami biasa melakukan itu minimal 3 kali penyerbukan.

Demikian lah cara mengawinkan pohon kurma betina dan pohon kurma jantan ini, unuk selanjutnya akan kita bahas dilain kesempatan, sekian dan terima kasih.

Wassalamu’alaikum WR WB..

Baca: Karakteristik Kurma Lulu Yang Mendunia