Cara Tepat Merawat Kulit Wajah yang Sedang Berjerawat

penyebab-wajah-pria-berjerawatJenis kulit berjerawat memang membutuhkan perawatan yang ekstra, kamu harus membersihkan wajah dengan pembersih yang mengandung formula anti acne, tetap menjaga kelembaban kulit, dan melindungi kulit dari bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, kamu pun harus berhati-hati dalam memilih produk skincare seperti cream penghilang jerawat. Karena jenis kulit berjerawat sangat rentan mengalami reaksi terhadap produk tertentu. Lalu, bagaimana cara yang tepat dalam merawat kulit yang berjerawat?

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan :

  1. Menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit

Mengenali tingkat produksi minyak pada jenis kulit kamu, pilihlah pembersih wajah yang bisa membersihkan wajah secara mendalam jika jenis kulit kamu cukup berminyak, supaya kotoran bisa terangkat lebih maksimal.

Namun jika jenis kulit wajah kamu normal, gunakan pembersih wajah yang lembut karena tidak beresiko membuat kulit menjadi kering dan iritasi.

  1. Jangan lupa gunakan toner dan vitamin C

Toner bermanfaat untuk mengembalikan keseimbangan pH, menenangkan kulit, dan memaksimalkan proses pembersihan.

Untuk mendapatkan perlindungan anti acne, kamu juga membutuhkan vitamin C yang akan bekerja menyembuhkan peradangan dan mempercepat proses pembentukan sel kulit baru. Solusinya ialah kamu bisa memilih toner yang mengandung vitamin C didalamnya.

  1. Rutin melakukan eksfoliasi ringan

Kulit berjerawat perlu melakukan eksfoliasi, namun jangan melakukan terlalu sering ya karena bisa menyebabkan iritasi. Rutinitas eksfoliasi ringan ini pun bisa membantu kamu menghilangkan noda bekas jerawat.

  1. Mengontrol minyak dan kelembaban kulit

Memiliki jenis kulit wajah yang berminyak bukan berarti kamu menyingkirkan produk moisturizer dari rutinitas kecantikan kamu.

Perlu diketahui, jika kulit kamu mengalami dehidrasi maka kelenjar minyak akan memproduksi lebih banyak minyak yang bisa memicu kemunculan jerawat. Pilihlah pelembab yang berbasis air yang aman untuk kulit kamu.

  1. Memilih skincare acne yang tepat

Sebanyak apapun produk anti jerawat yang kamu pakai, tidak akan memberikan hasil yang baik tanpa kandungan yang tepat. Beberapa kandungan yang harus ada didalam produk anti acne seperti salicylic acid, zinc, benzoyl peroxide, sulfur, retinol, dan vitamin c.

  1. Selalu membersihkan wajah sebelum tidur

Tahukah kamu kalau kulit akan beregenerasi secara maksimal dimalam hari? Artinya kotoran dan sisa make up yang masih menempel dan tidak dibersihkan sebelum tidur akan menghalangi proses perbaikan pada kulit, dan justru malah akan menambah masalah.

  1. Menggunakan kosmetik yang non-comedogenic

Meski tidak termasuk produk perawatan wajah berjerawat, kosmetik merupakan teman kita sehari-hari terutama bagi kaum wanita. Jadi mulai sekarang pilihlah kosmetik yang non-comedogenic yang tidak menyumbat pori-pori dan semakin memperburuk kondisi jerawat yang ada diwajah.

Untuk skincare anti jerawat kamu bisa menggunakan paket jerawat dari pratista yang terdiri dari sabun, toner, cream penghilang jerawat pagi dan malam, serum yang menjadi satu rangkaian yang ampuh untuk mengatasi jerawat di wajah kamu.