Memperbaiki kondisi tanah dengan bertanam Kurma

Memperbaiki kondisi tanah dengan bertanam Kurma – Julukan ‘tree of life’ memang tidak keliru disematkan kepada Tanaman Kurma, karena selain hampir keseluruhan bagian tanaman ini dapat dimanfaatkan, ternyata “Karakteristik” ramah lingkungan juga ada pada Pohon Kurma.

Beberapa dekade terakhir, kondisi tanah pada umumnya mengalami kerusakan, baik dari sisi kualitas tanah maupun lahan rusak akibat aktivitas industri perkebunanan yang tak terkendali.

Hal ini hampir terjadi di seluruh negara di dunia. Pembukaan lahan perkebunan marak terjadi, dieksplorasi dengan tanaman industri yang notabene memiliki kecenderungan merusak unsur hara tanah. Jenis tanaman Sawit adalah salahsatu jenis tanaman populer paling merusak unsur hara tanah.

Upaya alternatif dalam hal perbaikan lahan yang dapat dilakukan salah satunya dengan menanam lahan kritis tersebut dengan tanaman kurma. Pada lahan yang rawan banjir, tanaman kurma mampu menyerap air dengan maksimal. Sementara pada kondisi lahan yang sebaliknya, seperti lahan tandus/gurun Pohon kurma dapan bertahan dengan sangat baik. Hal ini dikarenakan sifat akar kurma yang unik, dimana akarnya dapat menghujam tanah sampai kedalaman lebih dari 12 meter ke dasar Bumi. Adapun akar sekitar pohon/kelilingnya, hanya menggapai kurang lebih di radius 1 meter saja dari pohonnya. Sehingga dari karakteristik ini menjadikan pohon kurma tertanam kokoh, tanpa menyedot unsur hara di sekitarnya, sehingga tumbuhan lain di sekitar, menjadi cenderung aman.

Kemampuan tanaman kurma dalam mengikat aliran air tanah, menjadikan kurma sangat potensial membantu lingkungan sekitar menjadi terjaga kelestariannya, terutama dalam rangka upaya penghijauan (revitalisasi lahan) yang posisinya berada di sekitar lereng gunung, dan sisa lahan galian pertambangan.

Dengan demikian paradigma umum yang berlaku di tengah masyarakat kita yang mengasumsikan bahwa pohon kurma tidak akan bisa bertumbuh dan berbuah dengan optimal di indonesia jadi terbantahkan. Pada dasarnya pohon kurma bisa dikembangkan dan bertumbuh subur di bumi tropis indonesia. Upaya pengembangan kurma tropis makin digalakkan oleh masyarakat kita. Salahsatunya oleh PT. Kampoeng Kurma, yang hingga saat ini telah menanam ribuan bibit kurma tropis yang siap disebar ke kavling produktif yang mereka saat ini pasarkan. Potensi lahan kurma ini dapat anda intip di website nya : kavling.info

Baca: Memanfaatkan Biji Kurma Untuk kecantikan Wajah