Memperbaiki kondisi tanah dengan bertanam Kurma

Memperbaiki kondisi tanah dengan bertanam Kurma – Julukan ‘tree of life’ memang tidak keliru disematkan kepada Tanaman Kurma, karena selain hampir keseluruhan bagian tanaman ini dapat dimanfaatkan, ternyata “Karakteristik” ramah lingkungan juga ada pada Pohon Kurma.

Beberapa dekade terakhir, kondisi tanah pada umumnya mengalami kerusakan, baik dari sisi kualitas tanah maupun lahan rusak akibat aktivitas industri perkebunanan yang tak terkendali.

Hal ini hampir terjadi di seluruh negara di dunia. Pembukaan lahan perkebunan marak terjadi, dieksplorasi dengan tanaman industri yang notabene memiliki kecenderungan merusak unsur hara tanah. Jenis tanaman Sawit adalah salahsatu jenis tanaman populer paling merusak unsur hara tanah.

Upaya alternatif dalam hal perbaikan lahan yang dapat dilakukan salah satunya dengan menanam lahan kritis tersebut dengan tanaman kurma. Pada lahan yang rawan banjir, tanaman kurma mampu menyerap air dengan maksimal. Sementara pada kondisi lahan yang sebaliknya, seperti lahan tandus/gurun Pohon kurma dapan bertahan dengan sangat baik. Hal ini dikarenakan sifat akar kurma yang unik, dimana akarnya dapat menghujam tanah sampai kedalaman lebih dari 12 meter ke dasar Bumi. Adapun akar sekitar pohon/kelilingnya, hanya menggapai kurang lebih di radius 1 meter saja dari pohonnya. Sehingga dari karakteristik ini menjadikan pohon kurma tertanam kokoh, tanpa menyedot unsur hara di sekitarnya, sehingga tumbuhan lain di sekitar, menjadi cenderung aman.

Kemampuan tanaman kurma dalam mengikat aliran air tanah, menjadikan kurma sangat potensial membantu lingkungan sekitar menjadi terjaga kelestariannya, terutama dalam rangka upaya penghijauan (revitalisasi lahan) yang posisinya berada di sekitar lereng gunung, dan sisa lahan galian pertambangan.

Dengan demikian paradigma umum yang berlaku di tengah masyarakat kita yang mengasumsikan bahwa pohon kurma tidak akan bisa bertumbuh dan berbuah dengan optimal di indonesia jadi terbantahkan. Pada dasarnya pohon kurma bisa dikembangkan dan bertumbuh subur di bumi tropis indonesia. Upaya pengembangan kurma tropis makin digalakkan oleh masyarakat kita. Salahsatunya oleh PT. Kampoeng Kurma, yang hingga saat ini telah menanam ribuan bibit kurma tropis yang siap disebar ke kavling produktif yang mereka saat ini pasarkan. Potensi lahan kurma ini dapat anda intip di website nya : kavling.info

Baca: Memanfaatkan Biji Kurma Untuk kecantikan Wajah

Memanfaatkan Biji Kurma Untuk kecantikan Wajah

Memanfaatkan Biji Kurma Untuk kecantikan Wajah – Berbicara tentang khasiat Buah Kurma dan bagian-bagiannya sepertinya tidak akan akan habis-habisnya untuk diulas. Kali ini kita coba ulas bagaimana pemanfaatan Biji kurma bagi penampilan serta kecantikan wanita, terutama dalam hal perawatan kulit.

Salah satu kandungan zat esensial yang terkandung dalam biji kurma adalah tingginya komposisi asam salisilat. Asam salisilat di dunia perawatan tubuh yang selalu terkait estetika, sudah lazim dimanfaatkan untuk perawatan kulit. Dimana zat Asam salisilat tersebut tak sajaa bermanfaat sebagai pencegahan terjadinya darah yang menggumpal pada kulit, tetapi zat ini juga berfungsi efektif untuk cleanser bagi kulit. Hal ini menjadikan asam salisilat sangat efektif bagi pengobatan kulit bermasalah, seperti gangguan jerawat, menghilangkan bercak komedo di wajah, sampai mengurangi efek kelebihan minyak di kulit wajah, yang tentunya sangat mempengaruhi penampilan seseorang.

Tak hanya itu, biji kurma ternyata kaya akan beberapa vitamin yang berguna bagi perawatan wajah, yakni Vitamin-C yang biasanya dimanfaatkan dalam upaya pencerahan kulita yang tampak kusam. Ada lagi vitamin A pada biji kurma juga dapat diolah dan dimanfaatkan sebagai bahan pengangkatan sela kulit yang sudah mati, yang menjadi penyebab kulit tampak kusam. Terakhir biji kurma juga dikenal sebagai sumber vitamin E yang baik sekali dalam proses regenerasi pada sel-sel kulit yang sudah mati.

Pemanfaatan biji kurma untuk perawatan kulit yang paling simpel adalah dengan mengolah 6 sampai 8 buah biji kurma. Pengolahannya cukup dengan membuat sediaan masker wajah. Caranya yaitu dengan menghaluskan biji kurma tersebut yang bisa dengan menggunakan blender. Biji kurma tersebut dihaluskan sampai lembut untuk kemudian dioleskan ke kulit wajah. Olesan masker tersebut dibiarkan melekat di wajah kurang lebih 20 menit, sebelum kemudian bisa anda bersihkan dengan air bersuhu sedang (ruam-ruam kuku)

Gunakan masker tersebut secara rutin pada kulit wajah anda, dan rasakan bedanya setelah 1-2 minggu pemakaian. Kulit akan tampak lebih cerah merona, dan minyak berlebih di wajah akan jauh lebih berkurang dibanding sebelumnya.

Baca: Kampoeng Kurma Buka Penawaran Investasi Syariah

Cita-cita Saya Jadi Pedagang Kurma

Kurma bukan buah asing lagi yah buat masyarakat indonesia saya yakin deh semua yang baca artikel ini pasti pernah makan kurma walaupun asli nya buah kurma ini tuh asalnya jauh dari timur tengah negara-negara arab sana yang biasa nya memang tumbuh di kawasan yang cuacanya panas,kurma bisa sampai di indonesia bukan tanpa alasan karena sudah sejak dulu yah sebelum jamaah haji indonesia berhaji ke tanah suci memang banyak pedagang dari gujarat membawa kurma dan sekarang kurma bahkan jadi oleh-oleh wajib saat pulang dari tanah suci baik menunaikan haji atau umroh saya sampai ingat waktu itu mertua saya bawa banyak sekali kurma sampai satu dusun kebagian doakan saja temen-temen semoga saya juga cepet bisa menyusul ke tanah suci

kurma di indonesia sendiri juga gampang kok di temui gak cuma bulan ramadhan saja karena buah kurma ini kayak sudah jadi buah produksi lokal saking gampang nya di jumpai walaupun di indonesia sampai saat ini belum banyak pohon kurma yang berbuah jangankan untuk di jual untuk di makan sendiri aja tidak cukup hehe makanya kalau menjelang ramadhan pedagang kurma itu omsetnya naik berkali-kali lipat masya Alloh makanya saya kadang berfikir wah dagang kurma enak juga yah penghasilannya itu menjanjikan memang sih ada kala nya penjualan naik drastis seperti saat bulan Ramadhan tapi saat bulan-bulan biasa juga ternyata penjualannya stabil jadi terbersit gimana yah cara nya jadi pedagang kurma kalau jual komoditas lainnya seperti jeruk,duren dan buah lokal lainnya kita masih bisa cari link nya ke daerah atau petaninya tapi kalau kurma kebun kurma kan tidak ada di indonesia paling skalanya cuma perorangan aja yang tanam jadi pilihan satu-satunya yaitu import

Kebun Kurma Di Indonesia

Beberapa Minggu lalu saya dapat kabar bahwa di salah satu mall di adakan festival kurma tepat nya di mall botani square bogor saya jadi  penasaran festival seperti apa ? dan siapa penyelenggaranya saya cari-cari info di google ternyata yang mengadakan PT Kampoeng Kurma mereka bikin festival kurma sekaligus memperkenalkan konsep kebun kurma milik mereka sendiri saya excited banget cari tahu lebih jauh tentang kampoeng kurma dan baru tau bahwa mereka jualan kavling tanah gratis dapat 5 buah pohon kurma bibitnya dan di rawat gratis sampai usia 5 tahun dan katanya bisa berbuah dari festival ini juga saya baru tahu kalau kurma yang selama ini saya makan ternyata itu kurma kismis bukan yang Fresh dan saya agak kaget juga ternyata kurma muda itu harganya sampai 300 ribu lebih per kilo nya padahal saya biasa beli itu 40-70rb paling mahal jadi saya fikir bagus juga yah kalau punya kebun kurma apalagi kta gak pusing-pusing masalah perawatan pokok nya di kampung kurma ini kita investasi dan hasil dari pohonnya di perkirakan bisa puluhan juta rupiah pertahun nya karena kurma ruthob/muda itu ternyata mahal dan di cari banget sama pasangan yang lagi ikhtiar untuk bisa hamil  karena bagus untuk hormon reproduksi membantu kehamilan

kurma ruthob muda

Banyak keuntungan lain nya bergabung di kampung kurma dan udah kebayang nih kalau punya pohon kurma sendiri udah pasti bisa jadi pedagang kurma dan kurma nya hasil tanah kelahiran kita indonesia karena saya pernah baca artikel bahwa kurma yang ada di jual di indonesia semuanya import dan salah satu negara pengekspor kurma ke indonesia itu tiongkok whatt ?? saya agak giman gitu baca artikel nya karena amerika juga ternyata mengekspor kurma ke indonesia jadi saya makin semangat ayo dong indonesia kapan bisa panen juga dalam skala besarmudah-mudahan hadirnya kampoeng kurma bisa mewujudkan mimpi saya jadi pedagang kurma hehe

Kalau Bapak/ibu barangkali butuh info mengenai info kampung kurma bisa hubungi saya yah pak via SMS/WA 0821-9999-5870

Baca : Kampung Kurma Investasi Tanaman Kurma di Indonesia yang Menguntungkan